Jumat, 18 April 2014

Klan pertama yang akan aku bahas adalah House Targaryen, klan favoritku.  Yeah, Rock!!!
Mari kita mulai dengan melihat peta. Targaryen berasal dari sebuah pulau kecil yang disebut Valyria di sisi timur benua Essos. Ciri fisik orang Valyria sempurna uniknya: berkulit putih pualam, mata berwarna ungu atau biru menawan, dengan rambut silver blonde. Di sana susah cari yang mukanya pas - pasan. Mereka juga terkenal dengan kemampuan sihir dan mantra – mantra. Dan dengan mantra tersebut, mereka menjadi satu – satunya klan yang mampu menjinakkan naga dan memanfaatkannya untuk menginvasi wilayah lain.

Perhatikan yang dilingkari merah, that's Valyria

Nah, Valyria pun terkenal sebagai penghasil besi (Valyrian Steel) yang mampu menghasilkan pedang dengan tebasan terbaik karena dibuat dengan bantuan sihir. Di GoT diceritakan bahwa beberapa kesatria di Seven Kingdoms memiliki pedang yang terbuat dari besi Valyria, namun tidak ada satupun yang tahu bagaimana cara mendapatkan besi Valyria lagi sejak peristiwa Doom of Valyria. Salah satu yang punya pedang itu adalah Ned Stark, Lord of Winterfell.

Lalu bagaimana kisah Aegon Targaryen/ Aegon the Dragon/ Aegon the Conqueror mampu menguasai Westeros? Semua bermula dari dikuasainya Dragonstone oleh keluarga Targaryen, yang berpindah dari Valyria sebelum terjadinya Doom of Valyria. Mereka hijrah pada tahun 200 Before Aegon’s Landing (BAL), ini sebutan tahun yang dipakai di GoT. Kalau yang kita pakai Before Christ (BC). Pada tahun 100 BAL, wilayah Valyria hancur lebur oleh letusan dahsyat gunung berapi. Seluruh naga dan keturunan Valyria tewas, atau kamu bisa sebut mereka punah; kecuali Aegon yang menguasai Dragonstone. Aegon menikahi dua gadis dari keluarganya sendiri yaitu Visenya dan Rhaenys sesuai tradisi Targaryen.




Ambisinya untuk menaklukkan Westeros membawa mereka mendarat di Blackwater Rush  (bibir pantai nggak jauh dari King's Landing) bersama tiga naganya Vhagar, Meraxes, dan Balerion the Black Dread. Mereka menghancurleburkan wilayah itu dan menundukkan enam dari tujuh klan, hanya Dorne yang enggan tunduk. Empat ribu tubuh mati terbakar dalam invasi tersebut. Tahun penyerangan tersebut menandai berlakunya tahun Aegon’s Landing.
Nah, sigil dari House of Targaryen, yaitu 3 kepala naga yang merupakan Aegon, Visenya, dan Rhaenys (ketiganya adalah dragon rider) yang menaklukkan Westeros. Targaryen: FIRE AND BLOOD. Keren ya... :')



Setelah kependudukan Aegon the Conqueror, Westeros dibagi menjadi: House Baratheon di Stormlands, House Lannister di Casteryl Rock, House Stark di wilayah utara (Winterfell dan sekitarnya), House Grejoy di Iron Islands, dan House Tully di Riverlands.

Lalu tentang the iron throne. Sudah lihat kan bagaimana bentuknya? Terdiri dari ribuan pedang yang disusun menjadi kursi. Jadi, ketika Aegon menundukkan Westeros. Aegon mengumpulkan ribuan pedang musuh - musuhnya dan disatukan dengan api naga Balerion the Black Dread. Dari bentuknya sudah pasti kursi itu nggak menawarkan kenyamanan. Tapi Aegon membuat dengan bentuk seperti itu dengan filosofi: No king should ever seated easily.


Klan Targaryen menguasai Westeros hingga 300 tahun, yaitu pada saat Aerys - the Mad King - Targaeryen berkuasa. Dalam sejarah raja Westeros, dia adalah raja yang paling nggak masuk akal. Dia sangat senang melihat benda terbakar. Yap, semacam pyromaniac. Kalimat yang terkenal darinya adalah 'burn them all!'. Oh, what a mad! Mad King menikah dengan saudaranya dan memiliki putra Rhaegar, Viserys, dan Daenerys Targaryen.

Tentang anak pertama Mad King, Rhaegar Targaryen. Ia terkenal charming, namun menjemput ajal dengan tragis di tangan Robert Baratheon pada masa Robert's Rebellion yang terjadi karena dipicu oleh hubungan gelap Rhaegar (yang sudah beristri Ellia Martell) dengan Liana Stark (saudara perempuan dari Ned Stark) yang pada saat itu akan dinikahkan dengan Roberth Baratheon. Di waktu yang sama, House of Lannister menyerang King's Landing, dan Jaime Lannister, putra Lord Tywin Lannister, which is seorang Kingsguard menusuk Mad King dari belakang. Sedangkan putra putri keturunan Targaryen dibantai atas perintah Tywin Lannister, dan Ellia Martell diperkosa lalu dibelah tubuhnya oleh The Mount, tangan kanan Lord Tywin.




Viserys dan Daenerys Targaryen diselamatkan dengan menyebrangi The Narrow Sea menuju Essos. Di GoT, kamu akan menyaksikan keduanya sudah dewasa dan sedang mencari cara untuk merebut kembali iron throne yang dikuasai oleh Robert Baratheon. GoT menceritakan perjuangan mereka, terutama DaenerysTargaryen dalam menghimpun pasukan untuk menginvasi Westeros.

[2]

71 komentar:

  1. wahhh ternyata GoT itu kisah perjuangan Viserys dan Daenerys Targaryen yaa.. tapi tetap critanya susah ditebak.. dan selalu bikin penasaran

    BalasHapus
  2. Dan akhirnya game of thrones berakhir dengan di angkatnya John tagaryen sebagai raja westeros

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jon Snow alias Aegon Targaryen II

      Hapus
    2. Salah..yg jadu raja brandon stark...jon malah diasingkan di night watch sebagai hukuman karena membunuh daenarys

      Hapus
  3. Nyeritainnya bagus,, mantap...

    BalasHapus
  4. Nyeritainnya bagus,, mantap...

    BalasHapus
  5. gw kira si jon snow anak haram ny robert... tau nya anak ny rhaegar... brarti kponakan ny daeneyers ya...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupp
      dan d season 8 nanti dany hamil anaknya jon

      Hapus
  6. Haha aku syok deh,trnyta Jon snow anaknya raegar bkn king Robert... klo Daenerys sm Jon tau bahwa mereka adl bibi and keponakan gimana ya? Secara kan ya...
    Tp diceritain juga klo sesuai tradisi Targaryen bisa menikah dg klannya (saudara)sndri,so... ngga mslah x ya kl Daenerys sm Jon? Wkwkwk yeaahh can't wait for the next season!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. season 8 2019 tapi akhirnya setelah 7 tahun ikuti filmnya, cuman season ini yg bikin puas. The son of ice and fire jon snow a.k aegon targaryen

      berharap 2018 ada ceritanya yang flashback ke awal mula
      1. the children of the forest
      2. the first men
      3. the andals
      semoga aja.

      Hapus
    3. 4. Aegon the qonquerer of westeros

      Hapus
    4. Gan mau tanya, sebenernya argon targaryen itu nama atau julukan? Kenapa nama aegon targaryen ada romawi urut nya I dan II begitu. Mohon jawabannya ya gan hehe

      Hapus
    5. sama kayak sultan hamengkubuono kali

      Hapus
    6. Klo sebelumnya ada aegon I dan II, si jon snow berarti jd aegon III. .. gitu kali ya...

      Hapus
  7. memang selalu menarik untuk ditonton GoT ... selain karena alurnya yang susah ditebak, intrik klan juga menarikm untuk terus diikuti... keren... seson 8 bisa langsung gelondongan??? soalnya sudah tidak sabar melihat pertarungan drogon vs viserion

    BalasHapus
  8. ooooo my ... keren amat .. ternyata si jon itu a. k.a aegon targaryen yah.. berarti yg berhak menduduki iron thrones si jon dong?.. nah trus daenerys bakalan hamil gak yaak ?? dan ternyata si king robert jahat juga yahh krn udh fitnah si rhaegar ..dan satu lagi yg palaing jahat menurutku krn dia tuh perannya gakterlalu gede tapi ternyata pengaruh kata2nya jahat.. si lord baelish ... gak sabar deh nunggu season 8. nya ...

    BalasHapus
  9. Akhirnya lord baelish mati juga setelah kompor sana kompor sini, ga sabar nunggu lanjutan tentang daenerys dan jon snow

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu juga yang saya tunggu2 akhirnya d gorok lehernya.

      Hapus
    2. Sansa and Arya stark keren abiss...

      Hapus
  10. season 7 bener gak final dari serial GOT

    BalasHapus
  11. Nanti akhirnya Jhon sma Daenerys meninggal. Daenerys meninggal Pas melahirkan anak perempuannya hasil hubungannya dengan Jhon. Jhon meninggal Pas perang melawan pamannya Greyjoy yang akhirnya jadi raja setelah Cersei tewas oleh Arya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus euron grejoy kalah sama yarra dan theon grejoy, tapi mreka menyerahkan kepemimpinan 7 kingdoms ke klan stark yang dipimpin sansa. Selamat berimajinasi

      Hapus
    2. Terus waktu sansa udah jadi ratu diwesteros . Naga targayen ngeberontak. Stark kalah dan naga jadi raja westeros

      Hapus
    3. Akhirnya the hound yg jadi raja westeros...ckckxk

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Kayaknya si theon grejoy yg jd raja wkwkwkw

      Hapus
  12. Thanks artikelnya. Gw sempet bingung hubungan sodara jon snow dan danerys. Searching sana sini yg keluar english semua, untung ketemu nih pencerahan.

    Semenjak awal gw udh ngira jon snow bukan anak biasa. Malah jauh dari kata anak haram. Ternyata doi adalah anak campuran stark dan targaryean. Harus nunggu tahun dpn season 8 keluar.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. gua ga ngerti deh tapi di episode 7 s7 katanya robert's rebellion cuman pura pura, trus kenapa robert's rebellion cuman pura pura?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena pemberontakan robert itu atas dasar cemburu k regar, si robert suka sma liana tp lianax tdk, liana dan regar sama2 suka. nah si robert ini kirim kbr k ned stark (kakaknya liana) klw adeknya liana d culik dan di perkosa oleh regar, dtng pasukan dr utara bantu robert akhirnya perang d menangkan oleh robert dn regar d bunuh. si lanister dgr kabar klw regard mati d tngn robert, lanister brphik k yg menang dia bw pasukannya srng kings landing, mad king mati d tngn jamie.
      kurang lebih seperti itu.

      Hapus
    2. Ohhh karna cemburu, berarti ini perang the seven kingdoms cuman gara gara kecemburuan wkkwkwkkw

      Hapus
    3. Nah ini yang masi klise, tu robert, ned, ma john arryn bertempur melawan rhaeger di mana? dorne?, kalo emang di dorne trus lanister berperang melawan mad king di kings landing dan berhasil menang, kalo gitu kenapa yang jadi raja robert bukan tywin, yang menaklukkan kings landing kan tywin bukan robert...

      Hapus
    4. karna robert masih memiliki darah targaryen makanya dia yang lebih layak duduk di iron thrones

      Hapus
  15. Season 8 mengangkat euron grejoy membawa pasukan dari essos yg dibelinya setelah invasi dengan iron bank

    BalasHapus
  16. Status jon snow yg sebenernya aegon targaryen cukup dinanti, siapa yg akan mengungkapkan jati diri jon snow. Antara bran stark, samwell tarly atau keluarga reed (ayah jejon dan maree reed)

    BalasHapus
    Balasan
    1. prediksiku sih kayaknya ada acara sukuran untuk memberitahukan k jon. jd tiga3nya pasti hadir.

      Hapus
    2. Sukuran:v ngakak, bayangin syukuran kek di indo :v

      Hapus
  17. Uncle ben stark akhirnya mati kah? Duuhh 2019 bgt ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 tahun lagi. sambil nunggu mungkin lebih bagus tahun depan ada ceritanya flashback ya k awal
      waktu pertama kali ada
      the children of the forest
      the first men dan the andals. cuman bisa berharap.. hahaha

      Hapus
    2. Si benjen kan emang aslinya udah mati terus diodok make dragonlas

      Season 8 terakhir dan cuman 6 episode yg dirangkum dengan nuansa yg sangat kental dan karakteristik

      pembuatan filmnya udah dimulai mulai oktober 2017 dan akan berakhir di pertengahan 2018
      first aired pertengahan 2018
      last aired pertengahan 2019

      Season 8 adalah akhir dari kisah novel george r.r martin The Winds of Winter and A Dream of Spring

      Tayangnya pertengahan 2018 sesuai kebutuhan tim produksi

      Hapus
  18. Viserys dah mati broo kalao gak salah malah di season 3 matinya

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. season 8 nanti perang lawan white walker dany dgn drogon dan jon dgn regar

    BalasHapus
  21. nunggu kebangkitan bung ahai buat bunuh night king

    BalasHapus
  22. salah semua, sudah dikonfirmasi sama sang sutradara
    Kemudian Daenerys selingkuh dengan Nigh King, dan keduanya mati karena Aids dan penerusnya adalah anaknya, Morning King

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjayyyyy kocak juga bung, hhhhhha morning king? morning king mati diterusin anaknya afternoon king, puyeng dah lo pade

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Kalo boleh tau, sejarah nya valyria ni ada pada buku apa ya? Yang serie apa?
    Makasih

    BalasHapus
  25. Opini yg gua dapet dr film ini
    1. Pantes dany ga bisa hamil kata penyihirnya, orang adarnya harus dinikahin sama sesama house biar bisa hamil maybe.
    2. Ned stark ga ngasih tau kalo jon house targaryen karena takut jon nya dibunuh robert gr2 robert cemburu kalo liana punya anak dari targaryen.

    BalasHapus
  26. Ga sabar nntn yg season 8.
    Terima kasih buat

    BalasHapus
  27. Jadi semakin ndak sabar mengetahui klimax cerita Got

    BalasHapus
  28. Min apakah jon itu cucunya mad king?

    BalasHapus
  29. Saya sudah menduga sejak awal bahwa jon snow bukan anak biasa, ia adalah salah satu putra dari penguasa westeros. Salah satu bukti terkuat adalah ketika Red Woman penyihir menghidupkan kembali jon yang mati. Di atas kematiannya yang menciptakan sejarah dengan menyatukan wildlings. Jon disisi lain terpaksa melanggar sumpahnya sebagai Lord Of Commander Night's watch. Jon yakin dalam dirinya bahwa musuh terbesarnya adalah para zombie. Di season 8 saya menduga jon nantinya akan melawan white walkers dan membunuh Night King. Marilah kita semua bantu jon! Ingatlah hei kalian umat manusia bahwa musuh terbesar kita adalah mayat hidup! No matter how you're and what house you're livin. Come and Join to kill white walkers!!!

    BalasHapus
  30. Darah campuran antara Targaryens dan Stark, Ngeri!

    Gw udah ngira dari awal, pemeran utamanya itu Jon Snow, karena dia artis muda terkenal, bisa hidup lagi, dan yang lebih bikin perkiraan gw kuat adalah waktu Jon nyentuh Naga Drogon, cuma dia yang bisa nyentuh naga selain Daenerys.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tyrion imp juga bisa komunikasi ama naga, jangan2 anak haram Lannister, dari lahir mau dilenyapkan tapi lolos terus.

      Hapus
  31. yang paling berkuasa adalah Iron Bank.

    BalasHapus
  32. thanks artikelnya sangat² bermanfaat.😊

    BalasHapus